Mengenai Saya

Foto saya
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Rabu, 04 April 2012

TEORI KEPERAWATAN MYRA LEVINE

                                                                        BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
       Profesi keperawatan terus berkembang dan dinamis. Sejak Florence Nightingale mulai menulis catatan di atas keperawatan, teori lebih banyak dan model tentang profesi keperawatan berkembang selama dekade terakhir, salah satunya adalah Myra Levine Konservasi Teori yang diselesaikan pada 1973.
       Myra Estrin Levine (1920-1996) lahir di Chicago, Illinois. Dia adalah tertua dari tiga anak. Dia punya satu kakak dan satu adik. Levine mengembangkan minat dalam perawatan karena ayahnya (yang memiliki masalah gastrointestinal) sering sakit-sakitan dan membutuhkan perawatan pada banyak kesempatan. Levine lulus dari Cook County School of Nursing tahun 1944 dan memperoleh gelar BS dalam keperawatan dari University of Chicago pada tahun 1949. Setelah lulus, Levine bekerja sebagai perawat tugas pribadi, sebagai perawat sipil untuk Angkatan Darat AS, sebagai pengawas perawat bedah, dan administrasi keperawatan. Setelah mendapatkan gelar MS dalam keperawatan di Wayne State University pada tahun 1962, ia mengajar keperawatan di berbagai lembaga (George, 2002) seperti University of Illinois di Chicago dan Tel Aviv University di Israel. Dia menulis 77 artikel yang dipublikasikan yang termasuk "An Introduction to Clinical Nursing" dengan beberapa publikasi tahun pada tahun 1969, 1973 & 1989. Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Loyola pada tahun 1992. Dia meninggal pada tahun 1996.
B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1. Memenuhi tugas mata ajar Konsep Dasar Keperawatan.
2. Untuk mengetahui konsep teori sistem model Mery Levine.
C.     Ruang Lingkup Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis hanya membatasi penulisan tentang Teori Sistem Model Neuman.

D.    Metode Penulisan
Penulisan makalah ini diperoleh dengan study kepustakaan yaitu dengan mempelajari literatur yang ada, untuk mendapatkan bahan dalam pembuatan makalah.
E.     Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dari penulisan makalah ini terdiri dari 3 bab yaitu :
Bab I   : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, Tujuan Penulisan, Ruang Lingkup Penulisan, Metode Penulisan dan Sistematika Penulisan.
Bab II:   Tinjauan Teoritis yang terdiri dari sumber-sumber teori Mery Levine. Komposisi Model konversi, Konsep utama, Konsep Kunci, Asumsi, Pembatasan, Evaluasi.
Bab III : Penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.

       Levine mengatakan kepada orang lain bahwa dia tidak berangkat untuk mengembangkan sebuah "teori keperawatan" tetapi ingin menemukan cara untuk mengajarkan konsep-konsep utama dalam perawatan medis bedah dan berusaha untuk mengajar siswa gelar associate pendekatan baru untuk kegiatan menyusui sehari-hari. Levine juga ingin pindah dari praktik pendidikan keperawatan yang sangat prosedural berorientasi dan kembali fokus pada pemecahan masalah aktif dan perawatan pasien individual (George, 2002).


BAB II
TINJUAN TEORITIS

A.  
KOMPOSISI MODEL KONSERVASI
       Levine's Conservation Model difokuskan dalam mempromosikan adaptasi dan mempertahankan keutuhan menggunakan prinsip-prinsip konservasi. Panduan Model perawat untuk fokus pada pengaruh dan tanggapan pada tingkat organismic. Perawat menyelesaikan tujuan model melalui konservasi energi, struktur, dan integritas pribadi dan sosial (Levine, 1967). Meskipun konservasi adalah dasar hasil yang diharapkan saat model yang digunakan, Levine juga membahas dua konsep penting lainnya penting untuk penggunaan model nya - adaptasi dan keutuhan.
       Adaptasi adalah proses perubahan, dan konservasi adalah hasil dari adaptasi. Adaptasi adalah proses dimana pasien mempertahankan integritas dalam realitas lingkungan (Levine, 1966, 1989a). Adaptasi ini dicapai melalui "penggunaan hemat, ekonomi, berisi, dan dikendalikan sumber daya lingkungan dengan individu dalam bunga-nya yang terbaik" (Levine, 1991, hal 5).
       Keutuhan didasarkan pada Erikson (, 1964 hal 63) uraian tentang keutuhan sebagai sistem terbuka: "Keutuhan menekankan suara, organik, kebersamaan progresif antara fungsi beragam dan bagian-bagian dalam keseluruhan, batas-batas yang terbuka dan cairan." Levine (1973, hal 11) menyatakan bahwa "interaksi gencar organisme individu dengan lingkungannya ini merupakan sebuah sistem terbuka dan cairan ', dan kondisi kesehatan, keutuhan, terjadi ketika interaksi atau adaptasi konstan terhadap lingkungan, izin kemudahan jaminan integritas ... di semua dimensi kehidupan "ini dinamis terus menerus, interaksi terbuka. antara lingkungan internal dan eksternal memberikan dasar untuk berpikir holistik, pandangan dari individu secara keseluruhan.
        Konservasi, di sisi lain, adalah produk adaptasi. Konservasi dari conservatio kata Latin, yang berarti "untuk tetap bersama-sama" (Levine, 1973). "Konservasi menggambarkan cara sistem kompleks dapat terus berfungsi bahkan ketika sangat menantang." (Levine, 1990, hal 192). Melalui konservasi, individu dapat menghadapi kendala, beradaptasi sesuai, dan mempertahankan keunikan mereka. "Tujuan dari konservasi adalah kesehatan dan kekuatan untuk menghadapi kecacatan" sebagai "... aturan konservasi dan terus integritas "dalam semua situasi di mana menyusui membutuhkan" (Levine, 1973, hlm 193-195). Fokus utama dari konservasi adalah menjaga keutuhan bersama dari individu. Meskipun intervensi keperawatan mungkin berurusan dengan satu prinsip konservasi particualr, perawat juga harus mengakui pengaruh prinsip-prinsip konservasi lainnya (Levine, 1990).
B.   KONSEP UTAMA
            Selama bertahun-tahun, perawat (seperti Myra Levine) telah mengembangkan berbagai teori yang memberikan penjelasan yang berbeda dari disiplin keperawatan. Seperti dia Konservasi Model, semua berbagi teori empat konsep pusat atau utama: orang, lingkungan, keperawatan dan kesehatan. Selain ini, Levine Model juga dibahas orang dan lingkungan bergabung atau menjadi kongruen dari waktu ke waktu, karena akan dibahas di bawah.
1.      Seseorang adalah holistik sedang yang terus berupaya untuk menjaga keutuhan dan integritas  dan satu "yang hidup, berpikir, berorientasi masa depan, dan masa lalu-sadar." The keutuhan (integritas) dari tuntutan individu yang hidup "individu memiliki artinya hanya dalam konteks kehidupan sosial "(Levine, 1973, hal 17). Orang juga digambarkan sebagai individu yang unik dalam persatuan dan kesatuan, perasaan, percaya, berpikir dan seluruh sistem dari sistem.
2.      Lingkungan melengkapi keutuhan individu. Individu telah baik lingkungan internal dan  eksternal.
3.      Lingkungan internal menggabungkan aspek fisiologi dan patofisiologi dari individu dan konstan ditantang oleh lingkungan eksternal. Lingkungan internal juga adalah integrasi dari fungsi tubuh yang menyerupai homeorrhesis daripada homeostasis dan tunduk terhadap tantangan dari lingkungan eksternal, yang selalu merupakan bentuk energi.
4.      Lingkungan eksternal dibagi ke dalam lingkungan persepsi, operasional, dan konseptual. Lingkungan persepsi adalah bagian dari lingkungan eksternal yang individu menanggapi dengan organ-organ indera mereka dan termasuk cahaya, suara, sentuhan, suhu, kimia perubahan yang berbau atau terasa, dan rasa posisi dan keseimbangan. Lingkungan operasional adalah bagian dari lingkungan eksternal yang berinteraksi dengan jaringan hidup meskipun individu tidak memiliki organ perasa yang dapat merekam adanya faktor-faktor dan mencakup semua bentuk radiasi, mikroorganisme, dan polutan. Dengan kata lain, unsur-unsur fisik dapat mempengaruhi individu tetapi tidak dirasakan oleh kedua. Lingkungan konseptual adalah bagian dari lingkungan eksternal yang terdiri dari bahasa, ide, simbol, dan konsep dan penemuan dan mencakup pertukaran bahasa, kemampuan berpikir dan pengalaman emosi, sistem nilai, keyakinan agama, etnis dan tradisi budaya, dan psikologis individu pola yang berasal dari pengalaman hidup.
5.      Kesehatan dan penyakit adalah pola perubahan adaptif. Kesehatan tersirat berarti persatuan dan kesatuan dan "merupakan adaptasi keutuhan dan sukses". Tujuan keperawatan adalah untuk meningkatkan kesehatan. Levine (1991, hal 4) menjelaskan apa yang dimaksud dengan kesehatan sebagai: "... yang jalan kembali ke kegiatan sehari-hari dikompromikan oleh kesehatan yang buruk. Hal ini tidak hanya penghinaan atau cedera yang diperbaiki tetapi orang dirinya sendiri ... Ini bukan hanya penyembuhan bagian tertindas. Ini agak kembali ke hood diri, dimana perambahan kecacatan dapat menyisihkan sepenuhnya, dan individu bebas untuk mengejar sekali lagi atau kepentingan-nya sendiri tanpa kendala. "Di sisi lain, penyakit adalah" tidak diatur dan tidak disiplin berubah dan harus dihentikan atau kematian akan terjadi ".
6.      Perawatan melibatkan terlibat dalam "interaksi manusia" (Levine, 1973, hal.1). "Perawat itu masuk ke dalam kemitraan pengalaman manusia di mana saat-saat berbagi dalam waktu beberapa sepele, beberapa dramatis-daun tandanya selamanya pada setiap pasien" (Levine, 1977, hal 845). Tujuan keperawatan adalah untuk mempromosikan adaptasi dan memelihara keutuhan (kesehatan).
7.      Seperti telah disebutkan di atas, Levine Model Konservasi dibahas bahwa cara di mana orang dan lingkungan menjadi kongruen dari waktu ke waktu. Ini adalah fit dari orang dengan kesulitan nya waktu dan ruang. Respon adaptif spesifik membuat konservasi yang mungkin terjadi pada berbagai tingkatan; molekuler, fisiologis, emosional, psikologis, dan sosial. Tanggapan ini didasarkan pada tiga faktor (Levine, 1989): historisitas, spesifisitas dan redundansi.
 
C.   KONSEP KUNCI (Konservasi prinsip)
       Inti, atau konsep sentral, teori Levine adalah konservasi (Levine, 1989). Ketika seseorang dalam keadaan konservasi, itu berarti bahwa respon adaptif individu menyesuaikan perubahan produktif, dan dengan pengeluaran sedikit usaha, sambil menjaga fungsi optimal dan identitas. Konservasi yang berhasil dicapai melalui aktivasi jalur adaptif dan perilaku yang sesuai untuk berbagai tanggapan yang dibutuhkan oleh manusia berfungsi.
       Myra Levine menggambarkan Empat Prinsip Konservasi. Prinsip-prinsip ini berfokus pada pelestarian keutuhan individu. Dia menganjurkan bahwa keperawatan adalah interaksi manusia dan prinsip-prinsip konservasi yang diusulkan empat keperawatan yang berkaitan dengan persatuan dan integritas individu. kerangka nya meliputi: energi, integritas struktural, integritas pribadi, dan integritas sosial.

D.   ASUMSI
       Model Myra Levine juga membahas pernyataan lain dan asumsi:
    
   * Perawat menciptakan lingkungan di mana penyembuhan dapat terjadi
    
   * Seorang manusia lebih dari jumlah bagian
    
   * Manusia merespons dengan cara yang dapat diprediksi
   
    * Manusia adalah unik dalam respon mereka
   
    * Manusia tahu dan menilai benda-benda, situasi dan kondisi
    
   * Manusia yang rasa, mencerminkan, alasan dan memahami
    
   * Tindakan Manusia adalah ditentukan diri sendiri bahkan ketika emosi
    
   * Manusia mampu memperpanjang refleksi melalui strategi seperti itu
        * Seorang manusia memiliki kesatuan dalam tanggapannya terhadap lingkungan
 
* Ada perintah dan kelangsungan untuk mengubah hidup adalah tidak acak
* Seorang manusia menanggapi organismically dengan cara yang selalu berub
ah

E.   PEMBATASAN

       Meskipun kelengkapan aplikasi dan luas teori Levine, model ini bukan tanpa batasan. Sebagai contoh, model konservasi Levine berfokus pada penyakit dibandingkan dengan kesehatan, dengan demikian, intervensi keperawatan dibatasi hanya untuk mengatasi kondisi menyajikan individu. Oleh karena itu, intervensi keperawatan berdasarkan teori Levine memiliki fokus saat ini dan jangka pendek dan tidak mendukung promosi kesehatan dan prinsip-prinsip pencegahan penyakit, meskipun ini adalah komponen penting dari praktek keperawatan saat ini. Dengan demikian, keterbatasan utama adalah fokus pada individu dalam keadaan sakit dan pada pasien ketergantungan.

Selanjutnya, perawat memiliki tanggung jawab untuk menentukan kemampuan pasien untuk berpartisipasi dalam perawatan, dan jika persepsi perawat dan pasien tentang kemampuan pasien untuk berpartisipasi dalam perawatan tidak cocok, ketidakseimbangan ini akan menjadi daerah konflik.
       Ada beberapa keterbatasan ketika datang ke empat prinsip. Konservasi energi, tujuan Levine adalah untuk menghindari penggunaan yang berlebihan kelelahan atau energi. Hal ini dikelola dalam perawatan samping tempat tidur klien sakit. Dalam kasus di mana kebutuhan energi untuk dimanfaatkan daripada dilestarikan seperti di pasien manik, ADHD pada anak-anak atau mereka dengan gerakan terbatas seperti klien lumpuh, teori Levine tidak berlaku. Pada konservasi integritas struktural, fokusnya adalah untuk melestarikan struktur anatomi tubuh serta untuk mencegah kerusakan struktur anatomi. Ini, sekali lagi, memiliki keterbatasan. Dalam kasus-kasus dimana struktur anatomi tidak begitu sempurna namun tanpa cacat diidentifikasi atau masalah seperti dalam operasi plastik, prosedur seperti perangkat tambahan payudara dan liposuctions; integritas struktural seseorang terganggu tapi itu adalah pilihan pasien mencari kecantikan fisik dan kepuasan psikologis yang dibawa ke pertimbangan. Jika tidak demikian, prosedur tidak boleh dipromosikan. Pada konservasi integritas pribadi, perawat diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kebutuhan pasien harus dihormati, asalkan dengan privasi, mendorong dan psikologis s didukung. Keterbatasan sini akan berpusat pada klien yang mengalami gangguan psikologis dan tidak mampu dan tidak bisa memahami dan menyerap pengetahuan, pasien koma yaitu, individu bunuh diri atau klien. Terakhir, konservasi bertujuan integritas sosial adalah untuk melestarikan dan pengakuan dari interaksi manusia, khususnya dengan klien, yang lain yang signifikan yang terdiri dari sistem dukungannya. Pembatasan khusus untuk ini, adalah ketika klien tidak memiliki orang lain yang signifikan seperti anggota keluarga. Ditinggalkan anak-anak, pasien penyakit jiwa yang tidak mampu untuk berinteraksi, klien tidak responsif seperti individu sadar, fokus di sini adalah bukan lagi pasien sendiri tetapi orang yang terlibat dalam / perawatan kesehatannya.
F. Evaluasi
 * Observasi respon organismic untuk intervensi
 * Ini adalah menilai apakah hipotesis didukung atau tidak didukung
 * Jika tidak didukung, rencana ini direvisi, hipotesis baru diusulkan
Untuk meringkas, Levine menyatakan pandangan bahwa dalam hubungan perawat-pasien keadaan kesehatan pasien tergantung pada proses perawat-didukung adaptasi. Perawat ini panduan untuk fokus pada pengaruh dan tanggapan dari klien untuk mempromosikan keutuhan melalui Prinsip Konservasi. Tujuan dari model ini adalah untuk mencapai ini melalui konservasi energi, integritas struktural, pribadi dan sosial. Tujuan keperawatan adalah untuk mengenali, membantu, mempromosikan, dan mendukung proses adaptif yang menguntungkan pasien.


DAFTAR PUSTAKA
Perawatan saat ini. (N.d.). Perawatan teori: empat Levine prinsip-prinsip konservasi. Diperoleh dari http://currentnursing.com/nursing_theory/Levin_four_conservation_principles.htm pada bulan Juli 2009.

Leach, MJ (nd) Luka manajemen: Menggunakan Levine's Conservation Model untuk membimbing praktek. Vol. 52, Issue No 8. Diperoleh dari: http://www.o-wm.com/article/6024 pada bulan Juli 2009.

Sitzman, K. & Eichelberger, L.W. (2009). Memahami kerja perawat teori: Sebuah awal kreatif. Diperoleh dari http://nursing.jbpub.com/sitzman/artGallery.cfm pada bulan Juli 2009. Jones dan Penerbit Bartlett.

Yeager, S. (2002). Sekilas teori perawat: model konservasi Myra Levine. Diperoleh dari: http://www4.desales.edu/ ~ sey0/levine.html pada bulan Juli 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar